FPRB Astaguna Gelar Pelatihan Water Rescue

Yudi Purwoko, S.T. 27 Februari 2022 23:28:45 WIB

Minggu (27/2), FPRB Astaguna Potorono mengadakan pelatihan water rescue di Telaga Potorono. Acara dilaksanakan pukul 09.00 WIB hingga selesai. Dihadiri oleh BPBD Kabupaten Bantul sebagai pemateri, Lurah Potorono, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Anggota FPRB Astaguna Potorono, dan Pengelola Telaga Potorono. 

Acara diawali dengan sambutan dan materi secara teori di Joglo Telaga Potorono. Materi disampaikan oleh narasumber dari TRC BPBD Kabupaten Bantul. Setelah teori selesai, dilanjutkan dengan praktek penyelamatan secara langsung di Telaga Potorono, praktek penyelamatan menggunakan alat-alat seperti pelampung, ban, tali, hingga perahu karet. 

Ada beberapa materi pokok dalam pelatihan ini, antara lain penyelamatan korban dengan menggunakan tali, menggunakan ban atau pelampung, menggunakan perahu, hingga penanganan korban yang tidak sadarkan diri saat sudah di evakuasi dari air. Pelatihan ini diselenggarakan menginggat Kalurahan Potorono memiliki wilayah air seperti Sungai Mruwe dan Embung atau Telaga Potorono. Sehingga peningkatan kapasitas anggota FPRB Astaguna sebagai wadah relawan di Kalurahan Potorono menjadi hal penting untuk dilakukan. 

Selain itu, dalam pelatihan ini juga mengajak Pengelola Telaga Potorono untuk belajar bersama melakukan penyelamatan di air. Karena Telaga Potorono merupakan wisata yang mempunyai fasilitas wahana air, sehingga selain mempersiapkan kelengkapan keamanan yang cukup juga untuk mengurangi potensi terjadi kecelakaan. Serta penting disiapkan kemampuan personil untuk melakukan penyelamatan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (AT)

Komentar atas FPRB Astaguna Gelar Pelatihan Water Rescue

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License