Sejarah Desa

31 Januari 2017 19:18:39 WIB

Desa Potorono dibentuk pada tahun 1946, nama potorono pemberian dari lurah pertama H.M. Chamim. Potorono merupakan wilayah Kapanewon Gondowulung.Desa potorono sendiri pada awalnya terdiri dari 3 kelurahan/kring, yaitu :

  1. Kelurahan mayungan, lurahnya Yoso
  2. Kelurahan mertosnanwetan, lurahnya Sastro Tinoyo
  3. Kelurahan balong, lurahnya Mangun Suwarno

 

Masing-masing Kelurahan Iama berdiri pada tahun 1918, pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda dipimpin oleh seorang Iurah saja tanpa perangkat / pembantu. Pada tahun 1922 mengalami penyempurnaan Lurah telah mempunyai / dilengkapi dengan perangkatnya kelurahan yakni, Carik, Jogoboyo, Sosial, Ulu-ulu dan Modin

Dari 3 (tiga) kelurahan/kring tersebut, pada tahun 1946 digabung menjadi satu (1) dengan nama Potorono, yang diambil nama Potorono karena Potorono merupakan wilayah pedukuhan kelurahan Iama yang tertua (KeI.Mayungan). Adapun susunan perangkat desa seabagai berikut:

1. Lurah : H.M. Chamim (Kelurahan Mayungan)
2. Carik : H. Djuwaeni (Kelurahan Mertosananwetan)
3. Jogoboyo : Cipto (Kelurahan Mayungan)
4. Sosial : Sastro Tinoyo (Kelurahan Mertosananwetan)
5. Ulu-Ulu : Marto Wiyono (Kelurahan Mertosananwetan)
6. Modin : H.M. Daldiri (Kelurahan Mertosananwetan)


Enam (6) Orang personil itulah cikal bakal pamong pertama Desa Potorono dengan Balai Desa di rumah H.M. Chamim dan kemudian pindah ke Balai Desa. Dilengkapi pula dengan Dewan Kelurahan (sekarang BPD) yang diketuai Idris  (Kel.Mayungan). Aturan kala itu untuk status pejabat Lurah Desa di Wilayah Potorono mempunyai masa jabatan seumur hidup.

Pada masa bhakti ke 33 Tahunnya, H.M. Chamim meninggal dan mengakhiri masa jabatannya sebagai lurah Desa Potorono pada Tahun 1979 yang kemudian posisinya digantikan sementara oleh Bagian Sosial yaitu Sastro Tinoyo. Setelah 4 tahun pucuk pimpinan Kelurahan Potorono diisi oleh bagian Sosial, akhirnya dilaksanakan kembali pemilihan lurah yang baru. Terpilihnya H.M. Suhardi Sanani secara otomatis namanya tercatat menjadi lurah ke-2 Desa Potorono serta membawa Potorono dalam periode yang baru di bawah kepemimpinannya.

Berikut data nama Lurah Desa Potorono beserta Pejabat Sementara dari masa ke masa yang di rangkum kedalam tabel:

 

 

Tabel  Daftar Lurah Desa Potorono dan Periode

NO

NAMA

JABATAN

PERIODE

 

H.M. Chamim

Lurah Desa

1946 - 1979

 

Sastro Tinoyo

Pejabat Sementara

1979 - 1983

 

H.M. Suhardi Sanani

Lurah Desa

1983 - 1994

 

Bambang Guritno

Pejabat Sementara

1994 - 1996

 

Iswandi

Lurah Desa

1996 -2004

 

Sumarwinto

Pejabat Sementara

2004 - 2005

 

M. Dalhar D.W.

Lurah Desa

2005 - 2015

 

Sumarwinto

Pejabat Sementara

2015 - 2016

 

Prawata

Lurah Desa

2016 - Sekarang

 

Sumber : Profil Desa

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License