Kalurahan Potorono Gelar Sosialisasi Program Wow Mantul

Yudi Purwoko 09 Februari 2022 22:01:33 WIB

Info Potorono - Rabu (9/2), Pemerintah Kalurahan Potorono melaksanakan sosialisasi program "Wolbachia Wis Masuk Bantul” atau Wow Mantul dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Acara dilaksanakan pukul 08.30 WIB hingga selesai bertempat di Gedung Serbaguna Balai Kalurahan Potorono. Dalam acara ini dihadiri oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Kepala Puskesmas Banguntapan I, Lurah Potorono beserta jajarannya, Dukuh, Ketua TP PKK Potorono, Kader Sehat, hingga Ketua Posyandu dari padukuhan-padukuhan. 

Wolbachia Wis Masuk Bantul” atau Wow Mantul merupakan program dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul yang diluncurkan tahun lalu bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM). Program ini diluncurkan untuk mengendalikan penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD) dengan menggunakan teknologi aedes aegypti ber-wolbachia. 

Penerapan program Wow Mantul dilakukan di berbagai titik di wilayah Kabupaten Bantul. Bekerja sama dengan pemerintah dan puskesmas setempat, Wow Mantul diterapkan di padukuhan-padukuhan agar mempercepat pelaksanaan program ini. Untuk itu, dengan adanya sosialisasi ini merupakan langkah awal untuk pelaksanaan program Wow Mantul sendiri.

Teknis penerapan program ini cukup menarik. Telur nyamuk aedes aegypti ber-wolbachia dimasukkan ke dalam ember dan diletakkan di rumah-rumah atau tempat umum. Kemudian bakteri wolbachia yang ada pada nyamuk dianggap dapat mengantisipasi virus dengue. Sehingga apabila nyamuk terdapat virus dengue maka tidak dapat ditularkan. (AT)

Komentar atas Kalurahan Potorono Gelar Sosialisasi Program Wow Mantul

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License