Mertosanan Kulon ditunjuk sebagai sample Kecamatan untuk Program Kampung KB

Administrator 21 November 2017 14:24:30 WIB

Info Potorono -- Ada berita baik bagi masyarakat Potorono  dan sekitarnya saat ini Desa Potorono  tengah bersolek dengan menyiapkan diri  menjadi Desa Wisata. Bentuk dari keseriusan Desa Potorono  sebagai Desa Wisata  adalah dengan mendorong Dusun-Dusun yang ada di wilayah Potorono  menghadirkan keunggulan yang ada di tiap-tiap Dusunnya .  Alhamdulillah Potorono saat ini sudah memiliki tempat wisata baru yakni Telaga Desa Potorono yang berada di Dusun Salakan. Sementara itu, Dusun Mertosanan Kulon sendiri resmi ditunjuk oleh pemerintah Kabupaten Bantul untuk dijadikan Proyek Kampung KB berikutnya. 

Hal ini dikemukakan oleh Atik Mudawamah, Kepala Dusun Mertosanan Kulon, Ahad (19/11) di sela-sela Rapat RT Se - Pedukuhan  Mertosanan Kulon. Lebih lanjut Atik Mudawamah  menyampaikan bahwa , " Adanya program Kampung KB  di Dusun Mertosanan Kulon,  diharapkan dapat mengendalikan jumlah penduduk dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Dilapangan, Program Kampung KB dibarengi juga dengan rencana pembangunan fisik seperti : Pembangketan Irigasi, Bantuan Bedah Rumah, MCK, Lantainisasi dan lain-lain sehingga diharapkan semua kampung di Dusun Mertosanan Kulon  nampak bersih dan sehat.  

Sebagai catatan, pelaksanaan Program KB akan disinergikan dengan Program Desa Potorono sebagai Desa Wisata.  Dusun Mertosanan Kulon sendiri membawai empat kampung yakni Kampung Mertosanan Kulon,  Priyan,  Kranginan serta Genengan. Dari empat kampung tersebut dikoordinir oleh 15 RT  dengan jumlah populasi penduduk sekitar  3.000 jiwa. Selanjutnya  potensi Dusun Mertosanan Kulon  yang potensial untuk  dikembangkan sebagai tujuan Desa Wisata antara lain : 

1. Mertosanan Kulon memiliki Pengrajin Gamelan kelas Dunia dan sudah diakui keindahan suaranya oleh empunya dalang di Indonesia 

2. Mertosanan Kulon memiliki Paguyuban seni Karawitan baik kelompok Orang Tua dan Anak-anak

3. Mertosanan Kulon memiliki 10 armada Andong Wisata  yang resmi terdaftar di Paguyuban Andong Jogja.

4. Ibu-Ibu Mertosanan Kulon memiliki keahlian membuat jajanan pasar yang  diperoleh dari hasil turun temurun orang tua sejak dulu, mulai dari Pengrajin Emping, Pengrajin Wajik, Emping, Ampyang, dll."

"Jadi Dusun Mertosanan Kulon kami semua warga terlibat dalam melaksanakan proyek kampung KB sehingga  kedepannya Dusun Mertosanan Kulon dapat sejajar dengan dusun-dusun lainnya yang sudah  sukses melaksanakan proyek  kampung KB," Pungkas Atik Mudawamah"

Komentar atas Mertosanan Kulon ditunjuk sebagai sample Kecamatan untuk Program Kampung KB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License