Bimbingan Teknis Pembuatan Elisitor Biosaka

Yudi Purwoko, S.T. 14 Mei 2023 08:27:47 WIB

Info Potorono - Jum'at (12/05), Pemerintah Kalurahan Potorono bekerjasama dengan Balai Besar PPMBTPH menggelar Bimbingan Teknis Pembuatan Elisitor Biosaka yang bertempat di gedung serbaguna balai Kalurahan Potorono. 

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan kelompok tani se Kalurahan Potorono, dan penyuluh pertanian lapangan (PPL) seb Kapanewon Banguntapan. Turut hadir pula Bapak Prawata, S.AP Lurah Potorono, serta Ir. Warjito, M.Si Kepala Balai Besar PPMBTPH, Joko Waluyo, S.Pt, M.Si Kepala Dinas Ketahanan Pangan Dan Pertanian Kabupaten Bantul sebagai narasumber. 

Biosaka adalah “BIO” yang berarti hayati/tumbuhan dan “ SAKA” merupakan singkatan dari selamatkan alam kembali ke alam. biosaka merupakan elisitor yang dapat memperbaiki tanaman dan ekosistem. Jadi tanaman tidak harus memakaipupuk kimiawi secara berlebihan, karena hara tidak akan habis di alam dan ada proses simbiosis dan ekosistem yang terus berjalan.

Petani dapat dengan mudah membuat biosaka dengan biaya yang nol rupiah/gratis, sehingga tidak ada resiko kerugian bagi petani dan tanaman, tidak beracun, menghemat biaya pupuk sintetis 50-70% dan pestisida kimiawi. Biosaka juga dapat meminimalisir/mengurangi serangan hama penyakit, lahan menjadi subur, umur panen lebih pendek, produktivitas dan produksi lebih bagus.

Melalui program ini pemerintah Kalurahan Potorono berharap petani dapat memanfaatkan teknologi pertanian ini dengan memanfaatkan bahan yang ada disekitar lingkungan. (DIKUR)

Komentar atas Bimbingan Teknis Pembuatan Elisitor Biosaka

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License