Pemerintah Kalurahan Potorono Gelar Pelatihan Pembuatan APH

Administrator 24 Juni 2022 13:40:45 WIB

Info Potorono - Rabu-Kamis (22-23/6), Pelatihan pembuatan Agensia Pengendali Hayati (APH) dilaksanakan di Balai Kalurahan Potorono. Acara berlangsung dua hari mulai pukul 08.30 WIB hingga selesai.

Acara dihadiri oleh Lurah Potorono Bapak Prawata yang memberikan sambutan sekaligus membuka rangkaian acara inj. Kemudian narasumber dari BPP Banguntapan Bapak Supriyanto dan Ibu Fitha Septi H, SP serta para peserta pelatihan. Dalam kesempatan ini peserta merupakan perwakilan dari setiap padukuhan di Kalurahan Potorono. Setiap padukuhan diambil perwakilan dua orang untuk mengikuti pelatihan selama dua hari.

Dalam sambutannya, Lurah Potorono bersyukur atas adanya pelatihan ini. Selain itu harapannya peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik dan mengambil inti yang nantinya dapat disampaikan ke masyarakat.

Acara ini dilaksanakan berkat kerjasama antara BPP Banguntapan dan Pemerintah Kalurahan Potorono. Pelatihan Pembuatan Agensia Pengendali Hayati (APH) ini menjadi salah satu prioritas program nasional, sesuai dengan Perpres Nomor 104 Tahun 2021 dengan 20% anggaran dana desa diperuntukkan program ketahanan pangan.

Lalu, Apa itu Agensia Pengendali Hayati ? Agens hayati adalah kelompok musuh alami yang berperan sebagai pengendali hama dan penyakit serta organisme pengganggu lain. Dalam hal ini terdapat 4 kelompok berdasarkan cara kerja atau sifatnya. Yaitu predator, parasitoid, patogen serangga, dan jamur antagonis.

Lalu pada akhir sesi pelatihan ini, peserta diajak untuk praktek pembuatan salah satu produk Agensia Hayati (APH) yaitu Trichoderma sp. sesuai dengan langkah-langkah yang telah disampaikan dalam sesi pemaparan materi oleh narasumber. (AT)

Komentar atas Pemerintah Kalurahan Potorono Gelar Pelatihan Pembuatan APH

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License