Bupati Bantul Hadiri Launching Model Pengelolaan Sampah Berbasis BUMKal

Administrator 03 November 2021 21:26:14 WIB

Info Potorono - Rabu (3/11), Launching model pengelolaan sampah berbasis BUMKal dilaksanakan di Balai Kalurahan Potorono. Acara dihadiri oleh Bupati Bantul Bapak H. Abdul Halim Muslih, Rektor UAD Yogyakarta, Kepala DLH Kabupaten Bantul, Pimpinan Komisi B DPRD Bantul, Panewu Banguntapan, Kapolsek Banguntapan, Danramil Banguntapan, Lurah se Kapanewon Banguntapan, BUMKal Potorono, Dukuh se Potorono serta Ketua Bank Sampah se Kalurahan Potorono.

Acara dimulai dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan do'a. Setelah itu, laporan penyelenggara disampaikan oleh Kepala DLH Kabupaten Bantul. Sambutan pertama disampaikan oleh Rektor UAD Yogyakarta Dr. Muchlas, M.T., Rektor UAD menyampaikan bahwa UAD turut andil dalam mendukung program Bantul Bersih Sampah 2025 (Bantul Bersama) yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Bantul. Rektor UAD juga menyampaikan bahwa kerja sama dengan Kabupaten Bantul merupakan perwujudkan pengabdian masyarakat supaya kampus benar-benar membumi. Dr. Muchlas, M.T. berkomitmen menjalin kerja sama sebagai bagian masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kampus.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bupati Bantul. Dalam sambutannya, Bapak H. Abdul Halim Muslih menyampaikan bahwa Kabupaten Bantul memiliki permasalahan serius dalam hal sampah. Untuk itu memerlukan kolaborasi atau kerjasama dari semua pihak untuk menangani sampah ini. Dalam hal ini BUMKal menjadi unsur penting dalam mensukseskan program Bantul Bersama khusunya pada model pengelolaan sampah berbasis BUMKal.

Pemkab Bantul juga memiliki program Dana Insentif Kalurahan (DIKA). Setiap Kalurahan akan dinilai keseriusannya dalam pengelolaan sampah. Sehingga penilaian tersebut akan diwujudkan dalam grade. Kalurahan yang masuk dalam grade A akan mendapatkan reward 500 juta, lalu apabila masuk grade B akan mendapatkan reward 300 juta.

Dalam akhir sambutannya, Bupati Bantul mengapresiasi langkah Pemerintah Kalurahan Potorono beserta jajarannya dalam menangani sampah. Harapannya kalurahan-kalurahan lain di Kabupaten Bantul akan mengikuti langkah serupa untuk mensukseskan program Bantul Bersama.

Acara dilanjutkan dengan memukul bedug oleh Bupati Bantul sebagai tanda launching pengelolaan sampah berbasis BUMKal ini, Kemudian disambung dengan penyematan pin "Bantul Bersama" oleh Bupati Bantul kepada ketua bank sampah padukuhan. Setelah itu, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara UAD dan Pemkab Bantul, serta LPPM UAD dan DLH Kabupaten Bantul terkait pengelolaan sampah ini.

Serangkaian acara launching pengelolaan sampah ini diakhiri dengan simbolis penyerahan mesin pencacah sampah dan motor roda tiga untuk pengelolaan sampah di Kalurahan Potorono. (AT)

Komentar atas Bupati Bantul Hadiri Launching Model Pengelolaan Sampah Berbasis BUMKal

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License