PKK Kalurahan Potorono Adakan Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint

Administrator 16 September 2021 14:04:23 WIB

Info Potorono - Rabu (15/9), Kelompok Kerja 2 Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (Pokja 2 PKK) Kalurahan Potorono mengadakan Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint di Gedung Baja Balai Kalurahan Potorono yang diikuti oleh 2 perwakilan PKK dari setiap padukuhan di Kalurahan Potorono. Pelatihan dimulai pukul 09.00 dan selesai pukul 14.00 WIB.

Batik dengan teknik ecoprint ini merupakan teknik memberi pola pada bahan atau kain menggunakan bahan alami seperti daun, bunga, batang, atau bagian tumbuhan lain yang menghasilkan pigmen warna. Pada pelatihan ini Pokja 2 menyiapkan bahan daun jati, daun Lanang, bunga waru, bunga jati dan bunga kenikir.

Setiap peserta mendapatkan kain mori 2 meter untuk praktik membuat batik ecoprint. Pada pelatihan ini peserta didampingi langsung oleh pembatik ecoprint dari Sitimulyo yaitu Bapak Zainal Arifin.

Batik Ecoprint ini selain ramah lingkungan karena bahan-bahannya yang memanfaatkan dari lingkungan sekitar, juga relatif cepat pengerjaannya jika di bandingkan dengan batik pada umumnya yang menggunakan malam. Sehingga sangat mudah bagi ibu rumah tangga untuk mempraktikkan di rumah dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar.

Pokja 2 PKK mempunyai tugas meningkatkan upaya pendidikan untuk mewujudkan sumber daya Manusia (SDM) yang berkualitas dalam usaha memenuhi kebutuhan, dan pemberian ketrampilan keluarga dalam upaya peningkatan dan pemberdayaan ekonomi keluarga melalui pengembangan ekonomi. Sehingga harapanya melalui pelatihan ini dapat meningkatkan kapasitas SDM ibu rumah tangga dan mungkin saja dapat menjadi pengembangan ekonomi keluarga. (Dikur)

Komentar atas PKK Kalurahan Potorono Adakan Pelatihan Pembuatan Batik Ecoprint

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Desa Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License