Kelompok Tani Trimulyo Padukuhan Potorono gelar Wiwitan

Administrator 07 Juni 2021 14:08:42 WIB

Info Potorono - Senin (7/6), Acara wiwitan digelar di Padukuhan Potorono Kapanewon Banguntapan Kabupaten Bantul pada pukul 10.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Panewu Banguntapan, Lurah Potorono, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kapanewon Banguntapan, Ulu-Ulu, Staf Kalurahan dan Kelompok Tani Trimulyo Padukuhan Potorono. Wiwitan adalah ritual persembahan tradisional masyarakat Jawa sebelum panen padi dilakukan, sebagai wujud terima kasih dan rasa syukur kepada bumi. Wiwitan dilaksanakan secara langsung di area persawahan sekaligus untuk uji coba Power Tresher atau alat perontok padi.

Acara dimulai dengan do'a bersama seluruh hadirin untuk mengucap rasa syukur atas hasil pertanian dan mengharap hasil yang baik kedepannya. Kemudian secara simbolis hadirin memotong padi yang siap panen lalu menggunakan power tresher untuk merontokkan padi tersebut. Setelah simbolis selesai, acara dilanjutkan dengan makan sego wiwitan. Anak-anak yang berada disekitar diundang untuk diberi sego wiwit.

Power Tresher atau alat perontok padi tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pertanian Kabupaten Bantul. Bantuan ini diberikan untuk Kelompok Tani Trimulyo Padukuhan Potorono agar dapat dimanfaatkan dengan baik. Pemanfaatan alat ini tentu untuk mempermudah dan mempercepat petani dalam memanen padinya. Harapannya, melalui kelompok tani Trimulyo Padukuhan Potorono, dapat memberikan dampak secara langsung ke petani untuk mulai menggunakan alat pertanian modern. (AT)

Komentar atas Kelompok Tani Trimulyo Padukuhan Potorono gelar Wiwitan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License