Fakultas Kedokteran UII berikan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik

Yudi Purwoko, S.T. 11 April 2021 19:37:40 WIB

Info Potorono - Ahad (11/04), Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta melakukan program pengabdian masyarakat pelatihan pengelolaan sampah organik menggunakan maggot lalat tentara hitam. Pelatihan ini bertempat di Perum Puri Sakinah, yang diikuti secara terbatas oleh 10 warga Puri Sakinah. 

Kegiatan di mulai pukul 08.30 WIB dengan sambutan oleh Dukuh Mertosanan Kulon. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi pertama oleh narasumber Ibu Esti dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantul dengan tema "Kondisi Sampah Bantul Saat ini dan Nanti". Materi kedua mengenai pengelolaan sampah organik dengan menggunakan Manggot Black Soldier Fly (Manggot BSF) disampaikan oleh Tomi Wahyu Pradana Pemilik TM Sampah. Kemudian materi ketiga disampaikan oleh Pak Hendri pemilik Omah Maggot Jogja dengan tema "Sampah Organik Bernilai Ekonomis dengan Manggot Black Soldier Fly (Manggot BSF)". 

Pada akhir pelatihan ini semua peserta diajak untuk mengunjungi Omah Maggot Jogja yang bertempat di Melikan, Sumberharjo, Prambanan, Sleman. Setelah itu, setiap peserta diberikan box sampah organik. 

Pelatihan pengelolaan sampah organik dengan menggunakan Manggot BSF ini adalah teknik mengolah sampah Organik yang ramah lingkungan dengan menggunakan larva lalat (Black Soldier Fly) BSF. Hasil dari pengolahan sampah ini dapat di jadikan pakan atau pelet, dan dapat juga dijadikan sebagai pupuk organik yang dapat dimanfaatkan langsung atau dapat juga dikemas dan dijual. Sehingga pengelolaan sampah organik dengan menggunakan maggot lalat ini dapat dijadikan sebagai usaha yang dapat meningkatkan ekonomi rumah tangga. (Dikur)

Komentar atas Fakultas Kedokteran UII berikan Pelatihan Pengelolaan Sampah Organik

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License