Pemerintah Kalurahan Potorono Gelar Bimtek Tata Cara Pensertifikatan Tanah Secara Kolektif

Yudi Purwoko, S.T. 17 Maret 2021 04:03:43 WIB

Info Potorono - Selasa (16/3), Pemerintah Kalurahan Potorono menyelenggarakaan "Bimtek Tata Cara Pelaksanaan Pensertifikatan Tanah Secara Kolektif". Acara ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Balai Kalurahan Potorono pukul 09.00 WIB hingga selesai. Peserta bimtek kurang lebih 40 orang yaitu dari 7 padukuhan di Kalurahan Potorono yang belum masuk pada program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020.

Acara ini dihadiri oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bantul, Lurah Potorono beserta jajarannya, Dukuh, dan Kelompok Masyarakat (Pokmas) . Acara diawali dengan sambutan dari Lurah Potorono, kemudian dilanjutkan bimtek yang disampaikan oleh narasumber dari BPN Kabupaten Bantul. Materi yang disampaikan mengenai tata cara pendaftaran dan proses pembuatan sertifikat secara bertahap dari pemberkasan sampai dengan selesai. BPN menekankan bahwa program pensertifikatan secara mandiri kolektif ini berbeda jika dibandingkan dengan program PTSL 2020 yang lalu. 

Program PTSL 2020 yang lalu mengalami kendala yaitu pemangkasan kuota pendaftaran dikarenakan terjadinya pandemi covid-19. Kebijakan pemerintah kabupaten bantul yang mengutamakan perubahan anggaran untuk penanganan pandemi covid-19, mengharuskan terjadinya pemangkasan kuota pendaftaran. Oleh karena itu, proses pensertifikatan yang belum terealisasikan pada tahun sebelumnya, pada tahun ini dilanjutkan dengan kebijakan dari Pemerintah Kalurahan Potorono yang memberikan subsidi pembuatan sertifikat menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Kalurahan (APBKal). Dengan kebijakan tersebut, program pensertifikatan secara mandiri kolektif ini diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya yang sudah terdaftar dalam PTSL sebelumnya untuk mendapatkan sertifikat tanah. (AT)

Komentar atas Pemerintah Kalurahan Potorono Gelar Bimtek Tata Cara Pensertifikatan Tanah Secara Kolektif

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License