Pelatihan KKR PIK-R Kampung KB

Administrator 07 Maret 2020 17:43:57 WIB

Info Potorono - Jum'at (6/3), Perwakilan Karang Taruna Bhineka Potorono dan Kader Kampung KB Dusun Mertosanan Kulon mengikuti kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya Kesehatan Reproduksi Remaja. Kegiatan ini diselenggarakan oleh² Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bantul yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 4 - 6 Maret 2020. Kegiatan ini bertempat di Pendopo Ndalem Mangku Berdopo, Jl. Parangtritis KM 2. Kegiatan ini di ikuti sekitar 16 peserta perwakilan dari Kampung KB di wilayah Kabupaten Bantul. Tujuan dari pelatihan pendidik sebaya ini adalah untuk membekali remaja agar dapat menjadi konselor sebaya untuk mengurangi dan mengatasi permasalah seputar remaja seperti kenakalan remaja, narkotika, kesehatan reproduksi remaja, dan pernikahan dini, sehingga harapanya remaja dapat terhindar dari masalah tersebut.

Peserta dalam pelatihan ini dibekali wawasan seputar Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R), Psikologi Remaja, Pendewasaan Usia Perkawinan, Narkotika, dan Life Skill, dengan pemateri yang tidak hanya dari Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPKBPMD), tetapi juga dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana  (DP3APKB) Provinsi DI Yogyakarta, BKKBN Provinsi DI Yogyakarta, BNN Kabupaten Bantul, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Materi-materi inilah yang nantinya dapat di jadikan bekal untuk pelaksanaan program PIK-R di Kampung KB Dusun Mertosanan Kulon.

Ibu Usnita, Kader Kampung KB Dusun Mertosanan Kulon yang mengikuti pelatihan ini mengungkapkan, "Tambah wawasan ini bisa disosialisasikan kepada remaja, dan kembali mengaktifkan kembali PIK-R Garuda Pusaka di Dusun Mertosanan Kulon, sehingga dapat mengurangi permasalahan remaja di Dusun Mertosanan Kulon". (DINA)

Komentar atas Pelatihan KKR PIK-R Kampung KB

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License