Warga potorono peduli ekositem sungai

Administrator 08 Juli 2019 11:26:31 WIB

Info Potorono - Sungai adalah salah satu sumber air bagi masyarakat di desa potorono, khususnya bagi para petani dan peternak ikan di wilayah potorono yang notabene sebagian besar para warga desa potorono bermata pencaharian sebagai petani. Selain itu sungai merupakan ajang hiburan tersendiri bagi para pencinta mancing mania untuk mengisi di sela-sela waktu senggang mereka.

            Beberapa tahun silam, di desa potorono sangat marak perburuan ikan di sungai dengan cara-cara yang tidak ramah lingkugan bahkan dengan hal yang di larang oleh undang-undang pemerintahan yaitu dengan: mengunakan setrum, zat potasium, bahan peledak dan menggunakan insektisida hama yang di campur dengan makanan ikan. Hal tersebut secara garis besar sangat menggangu ekosistem sungai karena seluruh ikan ataupun biota sungai baik besar maupun kecil semua akan mati dan akan menghentikan regenerasi dari biota sungai tersebut.

            Akan tetapi, saat ini sudah banyak warga Potorono yang peduli terhadap ekosistem sungai, walaupun masih ada sebagian yang belum menjaga kelestarian dan mencintai lingkungan sekitar. Adapaun kepedulian terhadap lingkungan dapat dimuali dari diri kita masing-masing, yaitu dimulai dengan tidak membuang sampah sembarangan ke sungai, juga saling mengingatkan antar warga yang sering berburu ikan yang menggunakan cara yang merusak ekosistem. Kebiasaan berburu ikan yang merusak lingkungan dapat dilaporkan kepihak yang berwajib, hal tersebut diatur dalam undang-undang Nomor 45/2009 tentang lingkungan hidup. Program pengendalian sungai desa potorono ini terlaksana berkat  kerjasama masyarakat desa potorono dengan Dinas Kelautan Dan Perikanan DIY, Kementrian Kelautan Dan Perikanan, Kepolisian setempat, serta Gerakan Irigasi Bersih. (Rahmat waluyo 43th) warga potorono mengungkapakan sering mengisi waktu senggangnya dengan memancing di salah satu sungai yang ada di potorono. Dia berharap ekosistem sungai di potorono terus dijaga, dilestarikan, dan di perbaiki agar biota sungai terjaga sehinga populasi ikan sungai tidak punah dan dapat menjadi sumber hiburan warga desa potorono khususnya bagi para pencinta mancing mania. Harapannya, bagi masyarakat yang masih sering membuang sampah di sungai dan bagi masyarakat yang suka mencari ikan dengan cara yang di larang oleh undang-undang juga merusak lingkungan agar berhenti dan segera sadar agar lebih mencintai lingkungan sekitarnya sehingga akan terciptanya ekosistem yg seimbang.(UDIN/PTT)

Komentar atas Warga potorono peduli ekositem sungai

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
Isikan kode Captcha di atas
 

Kalurahan Potorono

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Website desa ini berbasis Aplikasi Sistem Informasi Desa (SID) Berdaya yang diprakarsai dan dikembangkan oleh Combine Resource Institution sejak 2009 dengan merujuk pada Lisensi SID Berdaya. Isi website ini berada di bawah ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International (CC BY-NC-ND 4.0) License